Helpdesk

sample02.09.2014

Halaman Pengaduan

Klik disini untuk mengirimkan pengaduan terkait masalah IT di Universitas Bung Hatta

Akun Internet

sample

02.03.2012

Akun Internet

Informasi pengelolaan akun internet selengkapnya dapat dilihat di Portal Universitas.

Download

sample

02.03.2012

Download

Download software/dokumen dan file lain yang dibagikan secara gratis di http://os.bunghatta.ac.id

Prosedur Layanan

PEMASANGAN JARINGAN BARU


  1. Unit Kerja mengirimkan surat permohonan ke Pustikom yang diketahui/ditandatangani Pimpinan Unit Kerja;
  2. Pustikom akan mendisposisikan permohon pemasangan jaringan baru dari unit kerja ke Divisi Networking;
  3. Divisi Networking akan mengirimkan staf bidang jaringan untuk melakuk survey ke unit kerja;
  4. Staf bidang jaringan yang diberi tugas melakukan survey lapangan dengan menggunakan form survey;
  5. Dari hasil survey, dikeluarkan dokumen RAB serta estimasi lama pengerjaan oleh Divisi Networking;
  6. RAB dari Divisi Networking akan dimintakan persetujuan Pustikom. Apabila disetujui, RAB tersebut akan dikirimkan ke unit kerja yang memohon sambungan jaringan baru;
  7. Setelah penyambungan selesai dilaksanakan, maka akan dilakukan uji kualitas penyambungan sesuai dengan form uji kualitas;
  8. Bila uji kualitas berjalan dengan baik, maka Kepala Pustikom dan atau pimpinan lain atas nama Pustikom mengeluarkan tagihan ke unit kerja;
  9. Bila dalam uji kualitas hasil yang didapat tidak sesuai dengan standar maka akan dilakukan pengecekan ulang pada sambungan yang telah terpasang.

 

PENDAFTARAN EMAIL UNIT KERJA/ ORGANISASI


  1. Instansi dan Organisasi membuat surat yang ditujukan kepada Pustikom, diketahui/ditandatanani oleh pimpinan unit kerja;
  2. Pengguna harus menyertakan kontak teknis yang dapat dihubungi, diutamakan penanggung jawab IT unit kerja yang bersangkutan;
  3. Berdasar surat yang diajukan, Pustikom akan memberikan disposisi kepada Divisi Networking apakah pengajuannya dapat dipenuhi atau perlu ada penyesuaian dengan aturan yang ada;
  4. Petugas Layanan memproses pembuatan akun email yang telah dibuat dan diaktifkan diberitahukan oleh Petugas Layanan kepada Kontak teknis yang disebutkan oleh Pengguna melalui email atau telpon.

 

LAYANAN PERUBAHAN PASSWORD


  1. Pengguna mengajukan permintaan perubahan password kepada operator Pustikom;
  2. Pengguna menunjukkan bukti diri ke operator Pustikom;
  3. Petugas memverifikasi bukti diri dengan data Pustikom;
  4. Jika sesuai, operator Pustikom langsung mengganti password dengan password yang baru;
  5. Password baru diinformasikan ke pengguna.

 

PENANGANAN GANGGUAN KONEKSI INTERNET PADA JARINGAN LOKAL

  1. Staf Divisi Networking Pustikom yang bertugas untuk melakukan monitoring jaringan menemukan adanya gangguan pada node dijaringan lokal UBH atau menerima laporan dari pengguna jasa di lingkungan UBH;
  2. Staf Divisi Networking Pustikom segera melakukan pengecekan perangkat dengan menggunakan perintah ping;
  3. Apabila ping tidak berhasil, maka staf Divisi Networking Pustikom segera menghubungi pengelola IT tempat terjadi gangguan dan mengkonfirmasi yang terjadi;
  4. Apabila gangguan pada prasarana infrastruktur, staf Divisi Networking segera menanyakan estimasi lama gangguan;
  5. Staf Divisi Networking segera melaporkan tentang permasalahan yang terjadi dan perkiraan waktu pemulihan kembali ke Kepala Divisi Networking dan pengelola IT yang terkena dampak dari gangguan.
  6. Apabila gangguan terjadi pada infrastruktur IT, staf Divisi Networking segera melaporkan permasalahan yang terjadi kepada Kepala Divisi Networking dan pengelola IT yang terkena dampak dari gangguan.
  7. Kepala Divisi Networking segera menindaklanjuti laporan dengan mengirimkan staf Divisi Networking ke lokasi tempat gangguan;
  8. Staf Divisi Networking Pustikom segera melakukan inventarisasi permasalahan dan berdasarkan hal tersebut ditentukan estimasi waktu pemulihan;
  9. Staf Divisi Networking Pustikom melaporkan kondisi di lapangan beserta estimasi waktu pemulihan kepada kepala Divisi Networking;
  10. Kepala Divisi Networking Pustikom melaporkan kondisi yang terjadi beserta estimasi waktu pemulihan kepada para pengelola IT yang terkena dampak dari gangguan.

 

PENANGANAN GANGGUAN PADA SERVER WEB


  1. Staf Divisi Sistem Informasi Pustikom yang bertugas untuk memonitor server melihat pesan gangguan dari layanan suatu server atau menerima laporan dari pengguna jasa;
  2. Staf Divisi Sistem Informasi mengakses layanan server tersebut untuk memastikan bahwa pesan gangguan memang benar;
  3. Staf Divisi Sistem Informasi akan melaporkan ke Kepala Divisi Sistem Informasi kejadian gangguan server;
  4. Apabila server yang mengalami gangguan dan pengelolaan servernya di bawah Pustikom, maka Kepala Divisi Sistem Informasi akan memerintahkan staf Divisi Sistem Informasi melakukan pengecekan pada server web;
  5. Staf Divisi Sistem Informasi yang ditugaskan untuk melakukan pengecekan terhadap layanan web mencari sumber permasalahan pada serverdan menyelesaikan permasalahan tersebut;
  6. Staf yang ditugaskan akan melaporkan penyebab dan solusi penyelesaian dari permasalahan ke Kepala Divisi Sistem Informasi ;
  7. Apabila server yang mengalami gangguan, pengelolaan servernya tidak dilakukan oleh Pustikom, maka Kepala Divisi Sistem Informasi akan menghubungi pengelola server tersebut agar menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

 

LAYANAN PENGADUAN TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI (TIK)


  1. Pengguna dapat membuat pengaduan melalui isian Formulir Pengaduan (Helpdesk) Online yang ada di Sistem Helpdesk Pustikom http://pustikom.bunghatta.ac.id/help, atau email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ;
  2. Pengaduan yang masuk selain melalui formulir online (helpdesk), akan dimasukkan ke sistem pengaduan oleh operator Pustikom;
  3. Pengguna mendapatkan nomor tiket pengaduan;
  4. Pengaduan yang masuk akan terdistribusi kepada group helpdesk;
  5. Group helpdesk menindaklanjuti pengaduan dan menuliskannya ke sistem helpdesk;
  6. Pengguna dapat memonitor pengaduannya melalui nomor tiket yang diterima.